Pentingnya Membina Hubungan untuk Membangun Bisnis Anda

Pentingnya Membina Hubungan untuk Membangun Bisnis Anda

Pertumbuhan bisnis tidak terjadi dalam semalam, dan para pendiri dalam proses mengembangkan bisnis mereka terus-menerus meneliti cara-cara yang efektif dan inovatif untuk berkembang. Salah satu tren yang konstan dengan pertumbuhan bisnis adalah pentingnya membina hubungan, baik secara internal maupun eksternal.

Terbukti bahwa membangun hubungan dengan karyawan Anda akan mengarah pada organisasi internal yang lebih baik, sementara membangun hubungan dengan pelanggan dan anggota komunitas Anda akan mengarah pada ekspansi eksternal. Artikel ini memberikan empat alasan mengapa membina hubungan adalah kunci untuk membangun bisnis Anda, dengan tips tentang dari mana harus memulai dan bagaimana mengelola hubungan bisnis Anda.

1. Mempertahankan Karyawan yang Lebih Baik dan Memelihara Organisasi Internal

Pernyataan “Bagian luar Anda adalah cerminan dari dalam diri Anda” terutama benar ketika menyangkut organisasi di dalam bisnis Anda. Ketika berbicara tentang membina hubungan untuk membangun bisnis Anda, Anda harus memastikan bahwa Anda membangun karyawan Anda dan berfokus pada hubungan internal di untuk memiliki hubungan yang sukses di luar bisnis Anda.

Menurut penelitian terbaru, hubungan dengan manajemen adalah faktor terpenting dalam kepuasan kerja karyawan, tetapi banyak tempat kerja yang gagal: 75% responden survei mengatakan atasan mereka adalah aspek yang paling membuat stres dalam pekerjaan mereka. Sebagai pemimpin dalam organisasi Anda, beberapa cara sederhana untuk membangun hubungan saling percaya dengan karyawan Anda termasuk memuji karyawan ketika mereka melakukan sesuatu yang luar biasa, memberikan umpan balik positif sesering mungkin dan mendorong karyawan untuk mengenal satu sama lain dan membangun hubungan mereka sendiri.

Baca Juga:  Alasan Mengapa Xero Sangat Cocok untuk Bisnis Kecil Anda

Keterlibatan karyawan berkontribusi pada organisasi internal yang efektif dan juga dapat mengarah pada keterlibatan dan retensi pelanggan yang lebih tinggi. Laporan Gallup State of the American Workplace menemukan pada tahun 2017 bahwa unit bisnis yang sangat terlibat mencapai peningkatan 10% dalam metrik pelanggan dan peningkatan penjualan sebesar 20%. Dengan membina hubungan karyawan dan menawarkan insentif yang mendorong keterlibatan karyawan yang tinggi, bisnis Anda akan terus berkembang.

2. Dapatkan Lebih Banyak Klien dan Pelanggan

Mempertahankan pelanggan itu bagus, tetapi mendapatkan lebih banyak pelanggan bahkan lebih baik. Setelah Anda mulai membangun hubungan bisnis yang kuat dan langgeng dengan pelanggan Anda, Anda dapat memanfaatkan hubungan tersebut untuk membantu memperluas jaringan Anda dan menumbuhkan basis pelanggan Anda.

Buku Marketing Metrics karya Paul Farris menyatakan bahwa pelanggan tetap memiliki kemungkinan 60-70% untuk membeli kembali, sedangkan tingkat konversi untuk pelanggan pertama kali jauh lebih rendah serendah 1-3% di e-niaga. Perubahan dramatis ini dapat dikaitkan dengan keberhasilan membangun hubungan. Sebagai pemilik bisnis, Anda dapat membina hubungan melalui strategi apresiasi pelanggan seperti sekadar berterima kasih kepada pelanggan atas pembelian, menyoroti pelanggan di media sosial atau dalam buletin, atau mengejutkan pelanggan dengan peningkatan.

3. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan yang Positif

Layanan pelanggan adalah strategi gratis terbaik untuk pertumbuhan dan pembangunan hubungan.

Baca Juga:  Taktik Utama untuk Inovasi dan Pertumbuhan yang Berhasil

Untuk membuktikan hal ini, laporan konsumen baru-baru ini merinci bagaimana layanan pelanggan dan perawatan pribadi menjadi perhatian utama dalam lanskap pascapandemi, dengan 50% konsumen mengatakan pandemi telah membuat mereka memikirkan kembali prioritas mereka, dan 72% dari segmen konsumen tersebut mengatakan mereka mengharapkan perusahaan untuk memahami dan mengatasi bagaimana kebutuhan dan tujuan mereka telah berubah.

Terhubung dengan pelanggan dan secara aktif mendengarkan umpan balik mereka secara teratur sangat penting karena mengarah pada peningkatan loyalitas merek. Membina hubungan dengan pelanggan Anda melalui pengalaman positif dan otentik pada akhirnya akan berkontribusi pada pertumbuhan bisnis Anda secara keseluruhan.

4. Memperluas Kehadiran Komunitas

Setelah Anda merasa nyaman dalam hubungan Anda dengan karyawan dan pelanggan Anda, Anda dapat mulai bekerja pada hubungan eksternal yang membantu untuk memperluas kehadiran bisnis Anda dalam komunitas Anda.

Membangun hubungan dengan anggota komunitas, seperti kamar dagang dan CVB lokal, memberikan peluang untuk meningkatkan kehadiran merek Anda melalui inisiatif pemasaran dan promosi dan pada akhirnya untuk menemukan pelanggan baru. Saya tahu di perusahaan saya sendiri, kami telah melihat banyak keberhasilan melalui penguatan kehadiran komunitas kami. Dengan meningkatkan jumlah acara perusahaan yang menghadap komunitas yang diadakan sepanjang tahun lalu, kami telah mampu membangun kesadaran merek dengan klien ideal kami dan sebagai hasilnya telah mengumpulkan kemitraan strategis yang bermakna.

Baca Juga:  7 Cara untuk Memulai dalam Bisnis

Pentingnya membina hubungan untuk mengembangkan bisnis Anda semakin meningkat, terutama di pasar konsumen yang ditata ulang dengan komunikasi tatap muka yang lebih sedikit. Dengan wawasan ini, Anda dapat menyesuaikan pendekatan Anda untuk membangun dan membina hubungan karyawan dan pelanggan untuk model yang paling sesuai untuk Anda dan bisnis Anda.