4 Langkah untuk Menjadi Perencana Acara

4 Langkah untuk Menjadi Perencana Acara

Apakah Anda berorientasi pada detail, sangat teratur, dan berkembang dalam situasi yang serba cepat? Kemudian Anda mengklik artikel yang tepat.

Biro Statistik Tenaga Kerja memperkirakan prospek pekerjaan untuk perencana dan koordinator acara diproyeksikan tumbuh pesat dalam sepuluh tahun ke depan. Anda mungkin berpikir, bagaimana seseorang bisa masuk ke bidang itu? Pakar perencanaan acara di Eventbrite mengumpulkan infografis yang luar biasa ini untuk memecahnya dalam 4 langkah mudah:

1. Dapatkan Gelar Sarjana

Tidak punya otak, bukan? Pertimbangkan untuk mengambil jurusan seperti Perhotelan / Manajemen Pariwisata atau Pemasaran untuk menempatkan Anda di bidang yang sama dengan rekan-rekan Anda. Tidak ada salahnya juga untuk melihat konsentrasi di Akuntansi atau Desain Acara, untuk membantu Anda.

2. Dapatkan Pengalaman

Langkah ini adalah kunci dalam perjalanan perencanaan acara Anda. Apa pun jurusan yang Anda ambil, sangat penting untuk mendapatkan magang saat Anda kuliah. Menyeimbangkan magang dengan kursus utama Anda adalah bukti nyata seberapa baik Anda mengelola waktu Anda. Mendapatkan magang atau pekerjaan paruh waktu di lapangan memungkinkan Anda untuk mendapatkan pengalaman langsung tentang bagaimana rasanya menjadi seorang perencana acara. Itu juga tidak merusak jaringan di sepanjang jalan!

3. Kembangkan Keterampilan Penting

Sebagian besar uraian tugas untuk seorang koordinator acara akan memiliki keterampilan berikut yang terdaftar sesuai kebutuhan: pemula, tenang di bawah tekanan, berorientasi pada detail, pemecahan masalah, dan keterampilan komunikasi yang baik hanya untuk beberapa nama. Sementara beberapa dari keterampilan ini dapat Anda pelajari selama sekolah seperti spreadsheet dasar dan pengetahuan database, keterampilan lunak lain yang terdaftar hanya dapat diajarkan selama pengalaman kehidupan nyata melalui pekerjaan paruh waktu dan magang.

4. Dapatkan Sertifikasi

Meskipun beberapa pakar perencanaan acara akan berpendapat bahwa mendapatkan sertifikasi tidak diperlukan untuk perjalanan Anda, tidak ada salahnya untuk mendapatkannya. Beberapa sertifikasi yang dapat Anda peroleh untuk membantu Anda menonjol adalah Certified Meeting Professional (CMP) untuk pertemuan dan perencanaan konvensi atau sertifikasi lainnya melalui American Association of Certified Wedding Planners jika itu adalah rute yang Anda putuskan untuk diambil. Pada akhirnya, pengalaman kerja yang sebenarnya jauh lebih penting bagi pemberi kerja daripada sertifikasi.

Pertimbangkan peta jalan ini sebagai cara yang bagus untuk mendapatkan pola pikir yang benar tentang bagaimana menjadi seorang perencana acara.

About the Author

You may also like these