4 Cara Mengirim Email Lebih Aman

4 Cara Mengirim Email Lebih Aman

Jika Anda memiliki informasi sensitif yang perlu dikirim dengan aman, Anda dapat mengirimkannya melalui email. Tapi ingat, ada langkah-langkah tertentu yang harus Anda ambil untuk memberikan keamanan ekstra itu.

1. Gunakan Layanan Email Sementara

Salah satu opsinya adalah menggunakan layanan email sementara sehingga apa yang Anda kirim tidak ditautkan ke informasi pribadi Anda yang lain. Anda dapat menggunakan penyimpan kata sandi Chrome atau solusi manajemen kata sandi yang berbeda untuk melacak semua akun email Anda yang berbeda dan kata sandi yang terkait.

Layanan email sementara ini awalnya dirancang untuk membantu mengurangi jumlah spam yang Anda terima. Mereka bekerja dengan baik karena lebih anonim daripada menggunakan email biasa, dan informasi yang Anda kirim tidak akan disimpan dengan email pribadi Anda untuk orang yang pada akhirnya tersandung.

2. Enkripsi Folder yang Di-zip

Anda dapat menggunakan utilitas seperti WinZip untuk mengenkripsi informasi zip dalam folder file. Anda kemudian mengirimkannya sebagai lampiran daripada mengirimkan informasi di email itu sendiri. Ini adalah langkah yang cukup mudah setelah Anda melakukannya beberapa kali.

Inilah yang harus dilakukan:

  • Unduh WinZip jika Anda belum memasangnya.
  • Buka dan pilih folder yang ingin Anda enkripsi.
  • Klik pada Encrypt Files dan klik OK.
  • Buat kata sandi baru. Inilah yang dibutuhkan orang yang menerima file untuk mengaksesnya.
  • Klik OK. Kamu sudah selesai!

Sekarang Anda cukup menambahkan folder zip terenkripsi itu ke email Anda dan biarkan orang di ujung sana tahu apa kata sandinya. Dengan begitu Anda akan tahu tanpa keraguan bahwa satu-satunya orang yang mengakses apa yang ada di dalam adalah siapa yang Anda inginkan.

3. Pisahkan Segala Sesuatu

Metode lainnya adalah memastikan bahwa Anda tidak mengirim semua informasi sensitif pada waktu yang sama dan dengan alat komunikasi yang sama. Misalnya, jika Anda mengirim kata sandi dan nama pengguna, kirimkan nama pengguna di email tetapi beri tahu mereka kata sandi tersebut baik secara langsung atau melalui layanan perpesanan yang berbeda.

Dengan begitu, gembok dan kunci tidak dikirim bersama dalam email yang sama. Jika Anda mengirim informasi bersama-sama, akan selalu ada peluang tersisa bahwa seseorang dapat mengaksesnya di masa mendatang.

4. Tingkatkan Layanan Email Anda

Jika Anda menggunakan layanan email yang kedaluwarsa, Anda harus meningkatkan ke layanan yang mengirimkan email terenkripsi sepanjang waktu. Layanan seperti Gmail akan secara otomatis mengenkripsi pesan terkirim Anda. Ini juga akan menjaga keamanan pesan masuk Anda yang dienkripsi setelah Anda menerima dan membacanya. Perlu juga mempertimbangkan layanan terintegrasi seperti Sendgrid.

Tentu saja, Anda tidak dapat mengontrol layanan email mana yang digunakan orang lain saat Anda mengirimi mereka email, tetapi setidaknya Anda dapat memastikan bahwa Anda menggunakan email yang paling canggih dari pihak Anda.

Seiring kemajuan teknologi, metode enkripsi baru bermunculan, seperti blockchain dan lainnya. Hanya masalah waktu sebelum mengirim data yang aman bolak-balik menjadi lebih mudah. Untuk saat ini, kami akan melakukan apa yang kami bisa dengan apa yang tersedia, dan membuat email kami seaman mungkin.

About the Author

You may also like these