5 Cara Jitu Bagi Startup Agar Lebih Menyenangkan

5 Cara Jitu Bagi Startup Agar Lebih Menyenangkan

Apa artinya menjadi disukai bagi sebuah startup? Itu mudah. Memenangkan kontes keserasian bisnis yang terlewat sama dengan membangun fondasi yang kuat untuk pelanggan setia. Namun, perusahaan dengan cepat melupakan pentingnya pelanggan saat pertama kali memulai, karena takut melampaui batas anggaran mereka.

Percaya atau tidak, rata-rata bisnis Amerika kehilangan 50% pelanggannya setiap tahun, sementara 91% organisasi kecil tidak melakukan apa pun untuk mempertahankan klien mereka. Mengingat fakta bahwa mendapatkan klien baru membutuhkan biaya 5 kali lebih banyak daripada memuaskan klien yang ada, dan 70% dari pengalaman membeli didasarkan pada bagaimana konsumen diperlakukan, disukai adalah batu loncatan pertama bagi sebuah startup yang mencoba membangun reputasi pasar.

Jadi, berikut adalah beberapa cara terbaik untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dan memastikan pertumbuhan optimal untuk sebuah startup.

Apa yang Diinginkan Pelanggan?

Jika Anda melihat studi Pelanggan tahun 2020 yang dirancang untuk mengungkap industri pengalaman pelanggan di masa depan, studi tersebut membahas tentang revolusi digital yang memberdayakan orang-orang dengan banyak informasi, ke titik di mana semuanya berputar di sekitar inovasi. Pelanggan modern mengharapkan pengalaman yang dipersonalisasi dan pendekatan proaktif yang menangani kebutuhan spesifik mereka. Artinya, perusahaan yang unggul dalam pengalaman pelanggan dapat mengharapkan peningkatan pendapatan setidaknya 4-8% di atas rata-rata pasar.

Karena itu, untuk memastikan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan, startup perlu menangani hal-hal berikut:

  • Apa pesan yang dapat dikaitkan dengan target audiens perusahaan Anda?
  • Tindakan mana yang memiliki efek paling kuat?
  • Bagaimana Anda dapat menggunakan umpan balik pelanggan untuk mempelajari dan menerapkan perubahan positif?
  • Area apa yang perlu diubah jika Anda ingin meningkatkan layanan?
  • Bagaimana Anda mengantisipasi dan menghindari risiko untuk mempertahankan perubahan?

1. Menjangkau

Setelah Anda mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang kebutuhan pelanggan, sekarang saatnya untuk menjangkau mereka, dan cara apa yang lebih baik untuk memulai daripada memilih beberapa saluran komunikasi yang disukai? Menurut Forbes, platform media sosial terbaik untuk pemula adalah:

  • Snapchat – Lebih dari 60% pengguna Snapchat berusia di bawah 24 tahun, sementara 100 juta pengguna menghabiskan waktu 30 menit untuk mencerna kontennya setiap hari. Perusahaan menggunakannya untuk promosi dan wawancara yang berharga, sebagai cara untuk menarik prospek baru dan meningkatkan loyalitas pelanggan.
  • Facebook – Facebook sebagian besar digunakan oleh audiens berusia antara 24 dan 54 tahun dan 44% pengguna memeriksa halaman mereka beberapa kali sehari. Pada tahun 2011, penelitian Pew menunjukkan bahwa konsumen Facebook lebih percaya, yang tetap berlaku hingga hari ini. Dipuji sebagai platform sosial yang paling disukai, saluran ini dikemas dengan penonton yang waspada yang menilai bisnis menurut ulasan Facebook-nya. Oleh karena itu, ini adalah platform media sosial www.w88betz.com yang penting untuk menciptakan kehadiran yang kuat dan membangun hubungan dengan konsumen zaman baru.
  • Instagram – Sebuah platform dengan 500 juta pengguna, 59% di antaranya adalah konsumen Instagram harian. Dalam beberapa tahun terakhir, ini telah muncul sebagai platform yang disukai untuk pemula karena menciptakan peluang untuk terikat dengan audiens sejak awal. Memposting gambar dan video pendek yang memikat secara visual untuk memperkenalkan pengguna pada seluruh proses pengembangan merek adalah strategi cerdas yang harus diperhatikan oleh setiap perusahaan rintisan.

2. Bersikaplah Transparan

Tidaklah cukup untuk menciptakan kesadaran media sosial, karena pos dan pesan online di baliknya paling banyak dihitung. Sebuah studi UCLA mengungkapkan bahwa dalam hal disukai, asosiasi pertama adalah “ketulusan, transparansi, dan pengertian.” Perusahaan yang tidak menunjukkan niat sebenarnya gagal mendapatkan reputasi yang baik.

Setiap organisasi harus memiliki pandangan yang menarik dan menyenangkan yang dapat dihubungkan dengan pelanggan. Gunakan sedikit humor dan dukung dengan informasi berharga. Ajukan pertanyaan dan biarkan mereka berbagi umpan balik.

Ini adalah kunci bagi seorang pemula untuk memahami bahwa pengalaman yang dipersonalisasi dan disukai bergantung pada sentuhan manusia, yang kemudian menghasilkan pengikut sosial yang lebih besar. Jadi putuskan topik dan nada mana yang paling sesuai dengan merek Anda dan kemudian mulailah berbagi.

3. Berbagi Informasi

Internet penuh dengan informasi, jadi bagaimana Anda benar-benar memberi pengaruh pada audiens target Anda? Karena fokus utamanya harus mencakup topik yang relevan dan menawarkan informasi yang berguna, disarankan agar bisnis membuat konten unik mereka sendiri untuk bagian blog mereka dan membagikannya di media sosial. Saat ini, pelanggan mengharapkan jawaban yang cepat dan akurat, jadi memiliki halaman bantuan / FAQ di situs perusahaan adalah suatu keharusan.

Namun demikian, masih ada alternatif produktif lainnya. Apakah Anda mengetahui sistem pengelolaan pembelajaran (LMS)? SaaS LMS adalah alat yang terjangkau dan berbasis cloud yang membantu dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari. Anda dapat menggunakannya untuk mengkomunikasikan informasi dan memberikan pelatihan produk kepada karyawan Anda.

Setelah konten pilihan ditambahkan dan diunggah dalam format yang disukai, sistem e-learning ini akan memungkinkan Anda untuk melacak pengguna mana yang menyelesaikan pelatihan yang telah Anda siapkan. Umpan balik juga disertakan, oleh karena itu, Anda dapat mengukur keefektifan pelatihan dan mendapatkan informasi tentang produk umum tentang produk atau layanan. Jadi, cari penyedia SaaS LMS terbaik karena mereka bisa meningkatkan kredibilitas perusahaan. Bagaimana? Dengan dukungan pelanggan yang intuitif, terpandu, dan sederhana yang dioptimalkan untuk pasar global.

4. Patuhi Janji Anda

Sekali lagi, ada lebih banyak hal untuk menjadi lebih disukai daripada menjadi positif, responsif, dan informatif – startup juga perlu menepati janji dan klaim mereka. Tidak ada jalan pintas untuk membangun reputasi pasar, cukup fokus pada penyediaan layanan yang konsisten. Kesepakatan apa pun yang Anda tawarkan perlu dihormati, karena kepercayaan adalah jalan dua arah.

Orang-orang menuntut rasa hormat dan mengandalkan dukungan yang pantas mereka dapatkan. Karena pembeli menginvestasikan uang hasil jerih payah mereka dalam produk dan layanan Anda, mereka mengharapkan solusi cepat untuk masalah dan keluhan mereka. Oleh karena itu, pembaruan rutin, bantuan, dan bantuan tepat waktu harus tersedia, karena 89% pelanggan yang menakjubkan merasa frustrasi jika mereka perlu mengulangi masalah mereka ke banyak perwakilan.

5. Terlibat dengan Komunitas

Banyak pelanggan lebih memilih bisnis lokal daripada perusahaan besar. Bertindak secara lokal dan terlibat dengan komunitas akan memanusiakan bisnis dan menanggapi kebutuhan konsumen dengan lebih cepat dan lebih baik. Hadiri acara lokal, festival, pertemuan komunitas, dan acara amal. Faktanya, pertimbangkan untuk memberikan kontribusi melalui kesukarelaan. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun sementara pembeli dan karyawan akan merasa lebih terhubung dengan perusahaan Anda.

Kesimpulan

Bukan ilmu roket untuk memahami bahwa lebih banyak konsumen akan menawarkan bisnis yang berulang dan tetap setia pada merek Anda saat Anda berusaha menawarkan yang terbaik kepada mereka. Bagaimanapun, inilah yang kita semua sukai.

“Dibutuhkan 12 pengalaman pelanggan yang positif untuk menebus satu pengalaman negatif.” Jadi mengapa tidak memulai dengan layanan yang memuaskan sambil meningkatkan startup Anda dari nol? Bagaimanapun, sekelompok besar penggemar setia hanyalah keunggulan kompetitif yang dibutuhkan perusahaan untuk mencapai kesuksesan.

About the Author

You may also like these